Thursday 12 July 2018

Menghadapi Kekeringan, Masyarakat Asumanu Melakukan Ritual Adat untuk Melestarikan Sumber Air





Para tokoh adat, tokoh masyarakat bersama warga Desa Asumanu, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu melakukan ritual adat pembersihan mata air. Ritual ini bertujuan melestarikan alam sekitar khususnya sumber mata air yang memberikan kehidupan bagi manusia 
Ritual adat ini dihadiri para tokoh adat, tokoh masyarakat dari Dusun Lakmau, Dusun Makerek Badaen dan Dusun Neoderok dan anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY di Pos Asumanu. 
Rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah ritual adat lalu pembersihan mata air dan dilanjutkan dengan acara makan bersama di sumber mata air, Rabu (11/7/2018). 
Tokoh Adat Asumanu (65), Benidiktus Atok menuturkan,ritual adat pembersihan mata air merupakan ritual rutin yang dilakukan setiap tahun. Ritual ini memiliki banyak tujuan di antaranya membersihkan kotoran disekitar mata air agar air yang mengalir untuk kehidupan warga tetap bersih dan sehat. 
Kemudian, menjaga keseletarian lingkungan di mata air agar mata air terus hidup demi kelangsungan hidup warga dan lahan pertanian serta menghormati para leluhur nenek moyang yang diyakini bisa menjaga sumber air agar tetap ada. 
Selain itu, ritual adat ini juga sebagai bentuk pelestarian budaya yang telah diwariskan nenek moyang sehingga generasi penerus tetap menjaga budaya tersebut. 
Danpos Maubusa, Sertu Rudi Nguli bersama anggotanya Praka Apriayanto dan Pratu Indrawan turut membantu masyarakat demi kelancaranritual adat tersebut. 
Masyarakat sangat senang dengan kehadiran anggota Pos Maubasa di tempat acara dan warga menerima mereka sebagai keluarga sendiri 
Dankipur II Kapten (Inf) Laode Sadiran memberikan apresiasi kepada tokoh adat, tokoh masyarakat dan seluruh warga yang telah melibatkan TNI dalam acara ritual adat. 
Sabaliknya masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dansatgas Pamtas RI RDTL Sektor Timur, Mayor (Inf) I Putu Tangkas Wiratawan yang telah memberikan kesempatan bagi prajurit untuk bersama masyarakat melaksanakan kegiatan. Besar harapan masyarakat agar tali silatuhrahmi yang sudah dibangun selama ini bisa menjadi contoh bagi komandan Satgas Pamtas berikutnya.



No comments:

Post a Comment

sponsor